4.1
Lingkungan Pendukung
Untuk
membangun aplikasi penjualan ini dibutuhkan perangkat keras dan perangkat
lunak, yaitu :
1.
Perangkat Keras
a
Komputer dengan prosesor
minimal 166 MHz
b
Monitor VGA atau dengan
resolusi yang lebih tinggi.
c
Harddisk dengan kapasitas
tersedia minimum sebesar kapasitas program.
d
Keyboard, mouse dan CD ROM.
e
Printer.
2.
Perangkat lunak
a
Microsoft Access 2000 atau
versi yang lebih tinggi
b
Sistem operasi Windows 95/98,
atau Windows XP
Program
yang digunakan untuk membangun aplikasi penjualan ini adalah Microsoft Access,
karena terdapat banyak fasilitas wizard yang mempercepat pembuatan table, query, form, report.
4.2
Cara
Menggunakan Program
Karena aplikasi penjualan ini dijalankan
pada program Microsoft Access, maka terlegih dahulu kita harus melakukan
instalasi Microsoft Office. Langkah langkah instalasinya adalah sebagai berikut
1.
Masukkan CD Program Microsoft Office ke dalam CD ROM. CD Program
Microsoft Office bersifat Auto-run, artinya langsung dijalankan saat windows membaca CD.
2.
Ikuti step-step wizard yang yang ditampilkan. Pastikan pada step Selecting Features, Microsoft Access for Windows
dalam keadaan terpilih.
Gambar 4.14 Step Selecting
Features pada proses instalasi.
3.
Setelah Microsoft
Office dan Microsoft Access terinstal, aplikasi penjualan
langsung dikopikan ke harddisk. Agar mempermudah membuka program, dapat dibuat shortcut-nya di desktop. Dengan demikian
operator cukup melakukan dobel klik pada shortcut-nya untuk menjalankan program.
4.
Cara menggunakan program ini cukup mudah, operator cukup masuk ke menu
daftar barang dan menambahkan data-data item barang yang tersedia.
5.
Untuk menambah data pelanggan, masuk ke menu daftar pelanggan.
6.
Untuk melakukan pencatatan tarnsaksi, masuk ke menu transaksi
pembelian, kemudian tentukan status transaksi yang dilakukan (penjualan atau
retur).