skripsi jurusan sofeware and game bab 1 pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan. hal ini juga diikuti dengan perkembangan bisnis penjualan. Perkembangan bisnis penjualan tersebut berdampak langsung pada peningkatan arus transaksi yang dilakukan perusahaan. Kecepatan dalam pelayanan menjadi salah satu kebutuhan utama untuk mencapai tujuan perusahaan.
Mengingat arus transaksi yang semakin padat, sedangkan kecepatan dalam pelayanan adalah faktor yang utama, maka pencatatan transaksi secara manual tentu kurang dapat diandalkan. Kendala yang dihadapi dengan menggunakan pencatatan transaksi secara manual, yang pertama adalah waktu. Pencatatan transaksi secara manual membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan yang kedua adalah tingkat akurasi atau ketelitian. Tidak dapat dipungkiri, pencatatan transaksi secara manual rentan terhadap human error atau kesalahan manusia. Dan untuk mengatasinya, perusahaan biasanya membuat suatu cara kerja atau model pencatatan tertentu.
Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perangkat lunak yang menggantikan pencatatan transaksi secara manual. Perangkat lunak tersebut diharapkan dapat lebih menyingkat waktu dibandingkan pencatatan transaksi secara manual. Di samping itu, perangkat lunak penjualan ini juga diharapkan meningkatkan ketelitian dan meminimalisasi human error atau kesalahan manusia.
     Berdasarkan uraian di atas penulis mengambil judul “PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK”.


1.2 Identifikasi dan Batasan Masalah
     Penulis mengidetifikasikan masalah yang ada adalah sebagai berikut :
Bagaimana membuat perangkat lunak yang menangani penjualan barang elektronik?
Hal – hal yang menjadi batasan dalam penelitian yang akan dikemukakan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.      Hanya menguraikan transaksi – transaksi penjualan barang elektronik rumah tangga secara tunai.
2.      Program ini dibuat hanya sebagai aplikasi stand alone, bukan jaringan.

3.      Informasi yang dihasilkan hanya berupa laporan penjualan dan daftar barang.

1.3  Maksud dan Tujuan
Maksud dari pembuatan perangkat lunak ini adalah agar berguna dalam segi bisnis dan pengembangan ilmu komputer.
Tujuan dari pembuatan program ini adalah menciptakan suatu solusi yang dapat memudahkan pencatatan transaksi penjualan yang terkomputerisasi.
                                                                                    
1.4 Kegunaan
Adapun kegunaan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1               Di Bidang keilmuan
a                Bagi penulis
b               Penulis dapat memperdalam penguasaan Microsoft Access yang telah didapat di bangku kuliah.
2               Bagi peneliti/programmer selanjutnya
Peneliti lain dapat menjadikan hasil perancangan yang penulis lakukan sebagai bahan referensi atau mengembangkan judul yang relevan.
3               Di bidang praktisi
Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat memberikan alternatif bagi perusahaan retail untuk memperbaiki pencatatan yang manual menjadi terkomputerisasi.

1.5  Metode Pendekatan
     Metode yang digunakan
1.             Metode Penelitian
Dalam penelitian yang penulis lakukan ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan memaparkan/menjelaskan secara jelas dan sistematis mengenai langkah-langkah perancangan perangkat lunak.
2.             Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka, mempelajari dan menelaah buku – buku yang menunjang dengan judul yang penulis ambil. Adapun buku – buku dipelajari oleh penulis yaitu yang tercantum di dalam daftar pustaka.

1.6  Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran isi laporan ini, penulis akan menguraikan susunan laporan secara garis besar yang terdiri dari lima bab, dimana setiap babnya akan dibagi menjadi beberapa sub bab. Sistematika penulisan ini dibuat tersusun dengan tujuan agar mudah dipahami oleh semua pihak. Adapun susunannya sebagai berikut :
BAB I     PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi tentang latar belakang, identifikasi masalah yang dihadapi, batasan masalah, maksud dan tujuan pembuatan aplikasi, kegunaan pembuatan aplikasi, dan sistematika penulisan
BAB II   TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi landasan teori yang relevan dengan judul dan faktor-faktor dasar yang mendukung penyelesaian masalah.
BAB III  CARA KERJA PERANGKAT LUNAK
Pada bab ini memaparkan tentang  cara kerja perangkat lunak transaksi penjualan barang elektronik.
BAB IV  IMPLEMENTASI
Pada bab ini berisi pembuatan perangkat lunak  penjualan, kode-kode program, perancangan form dan laporan yang terlibat.
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini penulis menyimpulkan mengenai pembuatan perangkat lunak yang telah dilakukan serta memberikan saran yang mungkin dijadikan sebagai bahan pertimbangan.
  
إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم