SISTEM KOMPUTER BAB 2
2.7
Motor stepper
Motor stepper
adalah sebuah rangkaian elektronika yang menyerupai sebuah motor yang dapat
bergerak berputar. Pada motor stepper, arah perputaran dapat diatusr dengan
searah jarum jam( clock wise) atau berlawan arah jarum jam (counter clock
wise). Bedanya dengan motor DC, motor stepper dapat diatur sudut putaran dan
banyaknya putaran motor.
2.8 Bahasa Pemograman Assember
Bahasa
pemograman Assembler adalah sebuah bahasa tingkat rendah (low level languange) yang dapat dibaca dan
dimengerti oleh manusia sebagai hasil representasi binary code yang di eksekusi
oleh komputer. Bahasa ini berorientasi pada mesin (machine dependent) dan
bahasanya dikendalikan oleh operasi primitive dalam data binari. Dalam penulisan
ini, penulis akan menjelaskan mengenai instruksi-instruksi yang dipakai dalam
bahasa pemograman Assembler berbasis mikrokontroler pada Atmel seri AT89.
2.9.1 ACALL (absolute call)
Berfungsi sebagai perintah untuk memanggil sebuah
label atau data pada alamat tertentu.
Instruksi ini memiliki 2 byte memori dan 2 cycle.
Contoh :
ACALL SUBRTN
(Memanggil label SUBRTN pada
alamat tertentu).
2.9.2
ADD
Berfungsi
sebagai instruksi untuk memasukkan data dan mengakumulasikan pada suatu byte
variabel. Bentuk umum pada instruksi ini adalah :
ADD A, <scr byte>
Contoh :
ADD A, R0 (memasukkan variabel A pada register R0 )
ADD A, direct (memasukkan variabel A pada alamat langsung)
2.9.3
AJMP
(Absolute Jump )
Berfungsi
sebagai instruksi untuk mengirim program eksekusi pada suatu alamat tertentu
tanpa ada suatu kondisi tertentu.
Contoh:
AJMP JMPADR (lompat pada alamat
label)
2.9.4
CJNE (Compare
And Jump if Not Equal )
Berfungsi
sebagai instruksi untuk membandingkan dari dua operan dan akan melompat bila 2
operan tersebut tidak sama.
Bentuk umum :
CJNE <Operan
1>, <yang dibandingkan>, rel
Contoh :
CJNE R7, data, rel
( membandingkan register R7
dengan data, bila data tersebut tidak sama maka akan melompat pada alamat rel).