Struktur dan Tipe-tipe worms

7. Struktur Worms
              Lima komponen yang umum dimiliki oleh worm  adalah sebagai berikut,
1.      Reconnaissance.         
Komponen Worms ini bertugas untuk merintis jalannya penyebaran pada jaringan. Komponen ini memastikan titik-titik (node) mana saja pada jaringan yang dapat dinfeksiolehnya.
2.      Attack .
Komponen ini bertugas untuk melancarkan serangan pada target node yang telah teridentifikasi. Bentuk serangan dapat berupa tradisional buffer atau heap overflow, string format, dan sebagainya.
3.      Communications
Komponen ini membuat tiap node yang terinfeksi pada jaringan dapat saling berkomunikasi. Komponen memberikan semacam antar muka (interface) agar tiap worm pada jaringan dapat saling mengirim pesan.
4.      Command
Komponen ini menjadi semacam pemicu apabila target sudah teridentifikasi. Komponen ini merupakan suatu antar muka agar setiap worms dapat  mengeluarkan perintah (command) pada worms di titik lain lain.
5.      Intelligent

Komponen ini merupakan komponen cerdas yang mampu memberikan informasi bagaimana karakteristik keadaan worms di titik lain pada jaringan. Berikut ini adalah bagaimana proses dari tiap komponen tersebut bekerjasama dalam melakukan suatu serangan .

8.      Tipe-tipe worms
Berdasarkan media penyebarannya worms dapat digolongkan menjadi,
  1. Email Worms
  2. Instant Messaging Worms
  3. Internet Relay Chat (IRC) Worms
  4. File Sharing Networks Worms
  5. Internet Worms

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama