SISTEM KOMPUTER Op Amp DAN Dioda


2.6       Op Amp
Op-Amp atau Operational Amplifier bisa dikenal sebagai sebuah IC yang berupa penguat selisih (diferensial) yang terkopel langsung, fungsi utama dari Op-Amp sendiri sebagai penguat yang penguatannya sangat besar sekali, misal tipe 741 dapat melakukan penguatan hingga 100.000 kali, Op-Amp dapat juga dimanfaatkan sebagai pembentukan gelombang, penapis (filtering), operasi-operasi matematika dan sebagainya






2.7  Dioda
Dioda adalah komponen elektronika yang paling sederhana dari keluarga semikonduktor, dari simbolnya menunjukkan arah arus dan ini merupakan sifat dioda, bahwa dioda hanya mengalirkan arus pada satu arah atau arah maju (forward) sedangkan pada arah sebaliknya (reverse) arus tidak mengalir, arus hanya mengalir dari kutub Anoda ke kutub Katoda. Satu sisi dioda disebut Anoda untuk pencatuan positif (+), dan sisi lainnya disebut Katoda untuk pencatuan negatif (-), yang dalam pemasangannya tidak boleh terbalik. Secara fisik bentuk dioda seperti silinder kecil dan biasanya diberi tanda berupa lingkaran warna putih, yang menandakan posisi kaki Katoda.

Jenis-jenis dari dioda diantaranya : Dioda Zener, LED, Infrared, Photodioda dan sebagainya. Dioda zener, biasanya dipasang pada suatu rangkaian elektronika sebagai pembatas tegangan pada nilai tertentu. LED (Light Emitting Diode), yaitu Dioda yang dapat memancarkan sinar, bisa digunakan sebagai lampu indikator dengan kelebihan yaitu umur aktifnya sangat lama jika dibandingkan dengan lampu pijar. Infrared, bentuk fisiknya sama seperti LED, perbedaan terdapat pada outputnya, dimana infrared hanya memancarkan sinar infra merah yang pancarannya tidak dapat terlihat oleh mata. Satu lagi sensor yang digunakan pada alat ini  adalah sensor foto dioda.














Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama