PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA SEJAK ORDE LAMA,ORDE BARU, DAN REFORMASI

OKE SAHABAT PELAJAR KALO KEMAREN KITA MEMBAHAS TENTANG
           APA YANG DI MAKSUD PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA                                               SEKARANG KITA AKAN MEMBHAS TENTANG                                                                                                                                                                                         DARIPADA COPAS
                                                                                                      MENDING DOWLOAD
                                                                                                           FILENYA  DINISINI

PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA SEJAK ORDE LAMA,ORDE BARU, DAN REFORMASI


Pengertian dan pelaksanaan demokrasi disetiap negara berbeda , hal ini ditentukan oleh sejarah , budaya dan pandangan hidup,dan dasar negara serta tujuan negara tersebut . S esuai denganpandangan hidup dan dasar negara , pelaksanaan demokrasi diIndonesia mengacu pada landasan idiil dan landasan kkonstitusionalUUD 1945. Dasar demokrasi Indonesia adalah kedaulatan rakyat seperti yang yang tercantum dalam pokok pikiran ketiga pembukaanUUD 1945 : “Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat berdasar kerakyatan , permusyawaratan / perwakilan ”. Pelaksanaannya didasarkan pada UUD 1945 Pasal 1 ayat (2) “ Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD”.


DEMOKRASI LIBERAL P ada tanggal 14 November 1945, pemerintahan RI mengeluarkan maklumat yang berisi perubahan sistem pemerintahan presidensial menjadi sistem parlementer dengan sistem demokrasi liberal . “Men teri-menteri bertanggung jawab kepada DPR . ” S elain itu , karena kemerdekaan mengeluarkan pendapat sebagai sikap sebebas-bebasnya , kritik yang selalu dilancarkan kaum oposisi bukan membangun melainkan menyerang pemerintah . Oleh karena itu , pemerintah tidak stabil . Keluarnya Maklumat pemerintah 3 november 1945 yang memberi peluang yang seluas-luasnya terhadap warga negara untuk berserikat dan berkumpul , sehingga dalam waktu singkat bermuncullah partai-partai politik bagai jamur di musim penghujan . Keanggotaan badan konstituante yang dipilih dalam pemilu 1955 , membagi aspirasi politik golongan nasionalis dan agama .


K arena perbedaan di antara mereka tidak dapat diatasi dan tidak menemukan titik terang dalam hasil pemungutan suara dalam sid a ng konstituante , maka Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1945 untuk menyelamatkan negara dan kemudian menjadi sumber hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan . taken from www.google.com

DAMPAK NEGATIF DIBERLAKUKANNYA DEKRIT PRESIDEN 5 JULI 1959 : 
U UD 1945 tidak dilaksanakan secara murni dan konsekuen . UUD 1945 yang seharusnya menjadi dasar hukum konstitusional penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaannya hany a menjadi slogan-slogan kosong belaka . H al itu terlihat pada masa Demokrasi T erpimpin dan berlanjut sampai Orde Baru . Memberi peluang bagi militer untuk terjun dalam bidang politik . Sejak Dekrit , militer - terutama Angkatan Darat - menjadi kekuatan politik yang disegani . Hal itu semakin terlihat pada masa Orde Baru dan tetap terasa sampai sekarang . DAMPAK NEGATIF DIBERLAKUKANNYA DEKRIT PRESIDEN 5 JULI 1959
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama