5 Mobile Games Peniru yang Lebih Populer dari Game Aslinya

5 Mobile Games Peniru yang Lebih Populer dari Game Aslinya



TOP 5 Mobile Games kali ini menjadi topik berikutnya yang diberikan untuk mengembangkan ide tentang gim mobile. App Store dan Google Play tidak sedikit dipenuhi gim yang meniru gim lain apalagi bila yang ditirunya adalah konsep dari gim orisinilnya. Makanya tidak heran jika ada penggiat gim mobile yang merasa dejavu dengan gim yang pernah dimainkannya. Sebagai contoh gim Temple Run yang telah ditiru oleh begitu banyak gim lain, entah karakter dalam permainannya dibedakan atau latar belakang yang dibedakan, jelas gim yang memiliki tiruan tersebut adalah milik produsen atau pengembang yang berbeda. Sudah hal yang biasa memang, namun mirisnya ada gim yang meniru tersebut malah lebih terkenal dari game aslinya. emoticon-Cape d... (S)


TS dalam hal ini tidak akan membandingkan masing-masing gim berdasarkan cara bermain dan sisi teknis lainnya melainkan memfokuskan pada sisi publikasinya, dimana gim mobile yang meniru malah lebih terkenal daripada gim mobile yang ditiru.

1. Angry Birds vs Crush The Castle




Sebelum Angry Birds menjadi gim mobile yang populer, sudah lebih dahulu gim dengan konsep yang sama hadir secara publik di Google Play dan App Store. Game Crush The Castle memang tidak terlalu populer seperti gim Angry Birds tapi inilah gim yang pertama kali menerapkan konsep permainan yang ditiru oleh gim Angry Birds. Crush The Castle hadir tanggal 18 September 2009 sedangkan Angry Birds baru hadir secara publik 3 bulan kemudian. Namun gim Angry Birds yang bertahan hingga saat ini sedangkan Crush The Castle menghilang entah kemana. 

2. Call of Snake vs Nimble Quest



Game Snake hadir dalam versi mobile pada masa kejayaan Handphone Nokia. Banyak pengembang gim mobile yang berlomba untuk menghidupkan kembali gim perjalanan ular ini dalam bentuk yang lebih modern, sebut saja salah satunya bernama Call of Snake. Sedihnya, gim mobile Call of Snake memiliki pendekatan IAP yang terlalu agresif dengan sistem waktu delay setelah game over. Sehingga membuat gim ini mengurangi minat dan menjenuhkan bagi pemainnya.


Lalu muncul Nimblebit Quest memanfaatkan kesempatan ini dengan membuat gim yang bisa dibilang sama dengan gim Call of Snake. Bedanya, dalam versi gim Nimble Quest karakter yang ada dibuat berbeda dan teknik bermain yang lebih atraktif. Saat ini Nimble Quest telah masuk dalam daftar gim top free di beberapa negara dan tentu saja membuatnya lebih sukses dari gim Call of Snake.


3. Asphalt 7 vs Need For Speed: Most Wanted



Siapa yang tidak kenal game balapan mobil bernama Asphalt? Game yang diproduksi oleh pengembang perusahaan Gameloft ini sudah lebih dahulu tenar sebagai game mobile , bahkan saat sistem operasi handphone masih dalam bentuk ekstensi .jar gim ini sudah banyak dimainkan dalam handphone yang mendukung pengoperasian gim Java. Semakin berkembang gim balapan Gameloft ini mulai menyediakan banyak versinya hingga sampai pada versi Asphalt 7 diperkenalkan, game ini mendapat sorotan karena memberikan kesan permainan yang seru. Dapat dikatakan bahwa Asphalt 7 mengambil konsep dari gim balap Need For Speed original versi PC dimana banyak sekali pilihan menu modifikasi dan berbagai macam race yang bisa dinikmati oleh pemainnya.

Gim Need For Speed pada dasarnya sudah hadir untuk berjalan pada platform mobile iOS. Namun, kekecewaan muncul karena produsen gim Need For Speed, EA menghilangkan inti dari game NFS sebenarnya yaitu pilihan menu modifikasi yang beragam dan segala keseruan aksi jalanan yang disediakannya.Tapi, Asphalt 7 bisa dibilang lebih pantas menyandang nama Need For Speed dari pada Need For Speed (versi iOS) itu sendiri, sehingga tidak heran jika Asphalt 7 sukses dalam menyaingi ketenaran gim NFS untuk skala mobile game. 

4. Call of Duty: Black Ops Zombie vs Modern Combat 3


Call of Duty sudah lebih dahulu terkenal untuk versi game PC dengan menawarkan gameplay yang solid serta mendukung tipe permainan lebih dari satu pemain sehingga gim ini seperti wajib bagi para gamer First Person Shooter. Sayangnya ketika gim ini hadir ke versi mobile oleh perusahaan Activision yang terjadi justru berbalik 180 derajat. Call of Duty: Black Ops Zombie jauh berbeda dari apa yang diharapkan, gim ini monoton dan tampilan grafis-nya malah terlihat biasa saja.

Pesaing hadir dari produsen Gameloft pada tahun yang sama mempublikasikan gim Modern Combat 3 yang jelas sekali terinspirasi oleh Call of Duty dengan gameplay yang lebih mendalam, cinematic cut scene yang keren, sistem misi yang beragam dan mendukung lebih dari satu pemain secara online yang menjadikan gim ini paling banyak diminati pada masanya. Banyak gamer mobile yang mengulas bahwa Modern Combat 3 dengan segala fitur yang disediakannya merupakan versi “Call of Duty” yang lebih baik dari pada Call of Duty: Black Ops Zombie. 

5. Super Crate Box vs. Muffin Knight




Gim mobile produksi dari Developer Vlambeer awalnya disediakan untuk gim PC saja. Angry Mobs sebagai developer dari gim lain ingin membuat gim versi mobile khususnya iOS yang terinspirasi oleh Super Crate Box ini. Hal ini dilakukan karena pihak pengembang sangat menyukai konsep gim Super Crate Box versi PC dan juga pernyataan dari pihak Vlambeer sendiri yang mengatakan bahwa mereka tidak akan membuat gim ini untuk versi iOS karena tidak punya sistem kendali yang pas.

Akhirnya Angry Mobs memperlihatkan karya mereka bernama Muffin Knight, sebuah gim yang mengambil konsep gim PC Super Crate Box. Tapi setelah 4 bulan dari peluncuran gim mobile Muffin Knight, pihak Vlambeer malah mengeluarkan Super Crate Box versi iOS. Lalu gim mana yang lebih sukses? Tentu saja setelah diperoleh data download ranking yang dikumpulkan oleh aplikasi App Annie, Muffin Knight berhasil mengalahkan jumlah unduhan gim original, Super Crate Box dari segi banyaknya jumlah unduhan dan kepopulerannya di Application Store. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama